Golden Gate Education, the best education consultant in Indonesia
Nature

Setiap tahunnya, Golden Gate Education mencatat ratusan student dari Indonesia tertarik untuk program beasiswa penuh atau full scholarship, baik untuk program Sarjana, Pasca Sarjana ataupun Doktoral.

Sayangnya, tidak semua universitas menawarkan beasiswa penuh kepada mahasiswanya. Eit jangan khawatir, Anda bisa mendapatkan beasiswa penuh dari pihak ketiga seperti lembaga pemerintahan atau dari lembaga-lembaga beasiswa lainnya.

Namun, apakah beasiswa penuh atau Full Scholarship benar-benar Gratis? Jawabannya tidak. Untuk bisa mendapatkan beasiswa penuh, kalian harus menyiapkan dana untuk melengkapi persyaratan-persyaratan beasiswa. Diantaranya

Pembuatan Passport
Passport adalah satu-satunya kartu identitas yang diakui secara internasional. Oleh karena itu, kalian wajib menyiapkan dana untuk proses pembuatan passport. Dibutuhkan sekitar Rp. 350.000 untuk pembuatan passport biasa, dan Rp. 650.000 untuk pembuatan passport elektronik.

Penerjemah Dokumen
Anda perlu mengetahui bahwa semua dokumen nilai dan ijazah wajib diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Dengan ketentuan harus dilakukan oleh penerjemah tersumpah atau sworn translate. Biaya yang dibutuhkan rata-rata sekitar Rp.100.000 per lembar. Anda bisa mendapatkan hard copy dan juga soft copy yang bisa Anda simpan. Dapatkan harga menarik dari Golden Gate Education untuk proses penerjemahan dokumen.

Test IELTS / TOEFL iBT / Duolingo
Persyaratan bahasa Inggris sebagai bahasa international merupakan salah satu syarat utama mendapatkan beasiswa, semakin tinggi nilai bahasa inggris Anda, maka peluang Anda mendapatkan beasiswa tersebut akan lebih besar. Sertifikat bahasa inggris yang diakui oleh universitas international adalah IELTS, TOEFL iBT dan juga kini sudah banyak universitas yang mengakui Duolingo. Anda membutuhkan sekitar Rp.3.000.000 untuk mendapatkan sertifikat IELTS atau TOEFL iBT. Dan Anda bisa mengeluarkan biaya yang lebih hemat dengan tes Duolingo dengan harga sekitar Rp. 700.000. Cek apakah persyaratan bahasa yang dibutuhkan oleh penyelenggara beasiswa / universitas tujuan Anda, hubungi Counselor Golden Gate Education untuk mendapatkan pengarahan secara gratis.

Application Fee
Umumnya, penyelenggara beasiswa mewajibkan student untuk mendapatkan LOA (Letter Of Acceptance) dari Universitas sebagai bukti bahwa secara akademik Anda lolos persyaratan dari admission universitas. Untuk itu, Anda harus mendaftar ke universitas terlebih dahulu untuk kemudian mendapatkan LOA, dimana biasanya pihak universitas mewajibkan untuk melakukan pembayaran registrasi atau application fee, untuk nominalnya sekita Rp.1.000.000 sampai Rp.2.000.000 tergantung universitas dan kurs mata uang negara tujuan kamu. Tapi jangan khawatir, beberapa universitas ada yang membebaskan biaya pendaftaran loh, dan bisa juga penyedia beasiswa kamu menjanjikan penggantian biaya proses aplikasi, jadi pastikan kalian membaca semua term and condition program beasiswanya ya.

Medical Check Up
Selain lolos seleksi akademik, Anda juga wajib lolos seleksi kesehatan. Pihak penyelenggara beasiswa tentu tidak mau Anda kenapa-kenapa ketika belajar di luar negeri. Untuk itu, Anda perlu melakukan medical check up di rumah sakit atau laboratorium yang diakui dengan biaya kisaran Rp. 500.000 hingga Rp. 1.000.000. Seperti application fee, beberapa penyedia beasiswa juga akan mengganti biaya tersebut ketika Anda berhasil mendapatkan beasiswa. Pastikan cek kembali ketentuan program beasiswa yang Anda daftar.

Pengurusan Visa
Seperti biaya-biaya sebelumnya, biaya pengurusan visa juga akan digantikan oleh penyedia beasiswa ketika Anda mendapatkan beasiswa tersebut, atau bisa juga Anda akan di transfer dana sesuai dengan biaya aplikasi visa negara tujuan Anda. Stidaknya dibutuhkan biaya sekitar Rp.1.000.000 sampai Rp.2.000.000 untuk pengurusan visa tergantung dari negara tujuan kalian.

Itulah beberapa dana yang perlu Anda siapkan untuk bisa mendaftar program beasiswa baik partial maupun full. Perlu diketahui bahwa ada biaya-biaya lain yang perlu Anda siapkan seperti pengurusan recommendation letter dari sekolah atau universitas dan juga IELTS / TOEFL iBT Preparation yang Anda butuhkan jika nilai Anda masih belum mencukupi persyaratan beasiswa. Jadi tunggu apalagi, segera siapkan dari sekarang ya dan make sure Anda membaca ketentuan program beasiswa yang Anda daftar.