Panduan Lengkap: Cara Mendapatkan Permanent Resident di Australia untuk Warga Indonesia

Permanent Resident di Australia - Starship Education
Starship Education

Mendapatkan status permanent resident di Australia adalah impian bagi banyak warga Indonesia yang ingin membangun kehidupan baru di negara kanguru ini. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mendapatkan permanent resident (PR) di Australia bagi warga Indonesia. Mulai dari visa yang cocok hingga langkah-langkah yang perlu diikuti, simak informasi penting berikut ini.

Pilih Visa yang Tepat:
Langkah pertama adalah memilih visa yang sesuai untuk mendapatkan status permanent resident di Australia. Beberapa visa yang sering dipilih antara lain:

Skilled Independent Visa (subclass 189)
Skilled Nominated Visa (subclass 190)
Employer Nomination Scheme (ENS) Visa (subclass 186)
Partner Visa (subclass 820/801)

Daftar lengkap Visa Australia Untuk Permanent Resident

Penuhi Persyaratan Visa:
Setiap visa memiliki persyaratan yang harus dipenuhi. Misalnya, untuk visa skilled, Anda perlu memiliki keterampilan yang relevan dan lulus penilaian keahlian. Untuk visa partner, Anda harus membuktikan hubungan yang sah dengan warga Australia atau penduduk tetap. Pastikan untuk memahami persyaratan yang relevan dengan visa yang dipilih dan siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan.

Mengajukan Aplikasi Visa:
Setelah memenuhi persyaratan, langkah selanjutnya adalah mengajukan aplikasi visa. Proses ini melibatkan pengisian formulir, menyediakan dokumen pendukung, dan membayar biaya aplikasi. Pastikan untuk mengisi formulir dengan cermat dan memenuhi semua persyaratan yang diminta. Anda juga perlu memastikan bahwa dokumen pendukung, seperti transkrip akademik, sertifikat kerja, atau bukti hubungan, lengkap dan valid.

Menghadapi Proses Penilaian:
Setelah mengajukan aplikasi, visa Anda akan dinilai oleh Departemen Imigrasi Australia. Proses ini melibatkan verifikasi dokumen, pemeriksaan keaslian informasi, dan penilaian terhadap kelayakan Anda. Pastikan untuk menjaga komunikasi dengan departemen dan menyediakan informasi tambahan jika diminta.

Mengikuti Langkah-Langkah Selanjutnya:
Setelah visa Anda disetujui, Anda akan mendapatkan status temporary resident terlebih dahulu sebelum dapat mengajukan permanent resident. Anda perlu mematuhi semua persyaratan yang diberikan, seperti tinggal di Australia selama jangka waktu tertentu, memenuhi syarat kesehatan dan karakter, serta mematuhi aturan imigrasi yang berlaku.


Lebih baru Lebih lama