Mengapa Beralih dari TOEFL ke IELTS Bisa Membantu Karir Anda Lebih Efektif?

Permanent Resident di Australia - Starship Education
Starship Education

Dalam pasar kerja global saat ini, keahlian dalam berbahasa Inggris seringkali menjadi syarat utama untuk kemajuan karir. Dua tes kemampuan berbahasa Inggris yang terkemuka, yaitu TOEFL (Test of English as a Foreign Language) dan IELTS (International English Language Testing System), sangat diakui oleh perusahaan dan lembaga pendidikan di seluruh dunia. Namun, banyak profesional yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk beralih dari TOEFL ke IELTS, dan berikut adalah alasannya:

Penerimaan yang Lebih Luas: IELTS diakui oleh lebih banyak organisasi di seluruh dunia, menjadikannya pilihan yang lebih fleksibel bagi para profesional yang mencari peluang kerja atau pendidikan di luar negeri. IELTS diakui di lebih dari 140 negara, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Australia.

Versi Umum dan Akademik: IELTS menawarkan versi General Training dan Academic, memungkinkan individu memilih tes yang lebih sesuai dengan tujuan karir mereka. Versi Academic cocok untuk yang ingin kuliah di luar negeri, sementara versi General Training bermanfaat bagi para profesional yang ingin bekerja di negara berbahasa Inggris.

Tes Berbicara Tatap Muka: IELTS mencakup tes berbicara tatap muka dengan seorang penguji bersertifikat, memberikan evaluasi yang lebih interaktif dan realistis terhadap kemampuan berbicara. Hal ini dapat sangat menguntungkan bagi para profesional yang memerlukan kemampuan berbicara yang kuat dalam pekerjaan mereka.

Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris: Berpindah ke IELTS dapat membantu para profesional meningkatkan keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dalam bahasa Inggris. Keterampilan ini tidak hanya penting untuk tes, tetapi juga untuk komunikasi efektif di tempat kerja.

Perubahan Terbaru di TOEFL: Tes TOEFL mengalami perubahan pada tahun 2019, termasuk perubahan dari format berbasis kertas menjadi berbasis komputer. Beberapa profesional merasa kurang nyaman dengan format baru ini, sehingga IELTS menjadi alternatif yang menarik.

Secara keseluruhan, beralih dari TOEFL ke IELTS bisa menjadi langkah strategis bagi para profesional yang ingin berhasil dalam karir mereka atau mengejar peluang di luar negeri. Dengan pengakuan yang lebih luas, versi tes yang disesuaikan, dan pendekatan evaluasi yang komprehensif, IELTS menawarkan keuntungan yang kuat bagi mereka yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka.


Lebih baru Lebih lama