Sukses Kuliah di Australia Sambil Kerja: Bagaimana Gaji Bisa Menyokong Biaya Hidup dan Kuliahmu!

Permanent Resident di Australia - Starship Education
Starship Education

Australia telah lama menjadi salah satu destinasi populer bagi para pelajar internasional yang ingin mengejar pendidikan tinggi (Khususnya dari Indonesia!). Selain kualitas pendidikannya yang terkenal, Australia juga menawarkan pengalaman budaya yang unik dan lingkungan alam yang menakjubkan. Namun, untuk banyak pelajar internasional, kuliah di Australia juga berarti menghadapi tantangan keuangan yang signifikan. Salah satu solusi yang banyak dipilih adalah bekerja sambil kuliah untuk mendukung biaya hidup dan pendidikan mereka.

Kenapa Kuliah di Australia?

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara bekerja sambil kuliah di Australia, mari kita lihat beberapa alasan mengapa begitu banyak pelajar internasional memilih Australia sebagai destinasi kuliah mereka:

Pendidikan Berkualitas Tinggi: Australia memiliki sejumlah universitas terkemuka yang menawarkan berbagai program studi berkualitas tinggi. Kualitas pendidikan Australia diakui secara internasional, sehingga lulusan dari universitas Australia memiliki peluang yang baik di pasar kerja global.

Keragaman Budaya: Australia adalah negara yang sangat multikultural dengan berbagai etnis, budaya, dan latar belakang. Ini menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung untuk pelajar internasional.

Lingkungan Hidup yang Menarik: Australia memiliki keindahan alam yang luar biasa, termasuk pantai yang indah, hutan hujan tropis, dan gurun yang eksotis. Ini adalah surga bagi mereka yang mencari petualangan di luar kampus.

Tantangan Keuangan untuk Pelajar Internasional

Meskipun Australia menawarkan banyak keuntungan bagi pelajar internasional, tantangan keuangan seringkali menjadi kendala utama. Biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya lainnya dapat menjadi beban yang berat. Itulah mengapa bekerja sambil kuliah di Australia menjadi pilihan yang umum.

Tapi jangan Khawatir! di Australia, seseorang dengan Student Visa berhak untuk bekerja paruh waktu (Bekerja part-time) selama 24 jam / minggu! Bagaimana Gaji Bisa Menyokong Biaya Hidup dan Kuliahmu? Mendapatkan pekerjaan paruh waktu atau sementara selama kuliah di Australia dapat membantu Anda mengatasi beban keuangan yang ada. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mencapai kesuksesan dalam bekerja sambil kuliah:

1. Perizinan Kerja
Penting untuk memastikan Anda memiliki izin kerja yang tepat saat kuliah di Australia. Visa pelajar biasanya memungkinkan pelajar internasional untuk bekerja hingga 48 jam per dua minggu (24 jam per minggu) selama periode kuliah dan tanpa batasan waktu selama liburan.

2. Jelajahi Opsi Pekerjaan
Australia memiliki berbagai jenis pekerjaan yang tersedia untuk pelajar internasional. Anda dapat mencari pekerjaan paruh waktu di sektor ritel, perhotelan, restoran, atau bahkan di kampus universitas Anda. Pastikan untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan jadwal kuliah Anda dan tidak mengganggu perkembangan akademis Anda.

Tahukah Anda, Anda bisa mendapatkan gaji 20 hingga 25 Australian Dolar / jam. Yang artinya Anda bisa mendapatkan AUD 480 - AUD 600 per minggu atau AUD 1.920 AUD 2.400 per bulan! Nominal ini cukup untuk membantu Anda untuk menutup biaya hidup, tempat tinggal dan juga sebagian besar uang sekolah, bahkan untuk program Diploma Anda bahkan masih bisa menyisakan untuk uang tabungan!

3. Kelola Waktu Anda Dengan Bijak
Manajemen waktu yang efisien adalah kunci untuk sukses dalam bekerja sambil kuliah. Buatlah jadwal yang baik antara kuliah, pekerjaan, dan waktu luang Anda. Ini akan membantu Anda menjaga keseimbangan antara tugas akademis dan tanggung jawab pekerjaan Anda.

4. Prioritaskan Keseimbangan
Ingatlah bahwa Anda adalah seorang pelajar terlebih dahulu. Jangan biarkan pekerjaan mengganggu fokus Anda pada pendidikan Anda. Tetapkan prioritas Anda dengan bijak.

Jangan tergoda dengan dunia kerja dan melalaikan tugas belajar Anda, karena Anda bisa gagal di mata kuliah dan harus mengulang atau mungkin lebih buruk lagi Anda bisa di DO dari sekolah / kampus Anda! Jika itu terjadi, ucapkan selamat tinggal untuk Graduate visa dan juga permanent resident!

5. Manfaatkan Sumber Daya Kampus
Banyak universitas di Australia menawarkan layanan karir yang dapat membantu Anda menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Manfaatkan sumber daya ini untuk memaksimalkan peluang Anda.

6. Berkomunikasi dengan Dosen
Jika Anda menghadapi kesulitan dalam mengatasi tugas kuliah dan pekerjaan, jangan ragu untuk berbicara dengan dosen atau penasihat akademis Anda. Mereka dapat memberikan saran dan dukungan yang diperlukan.

Kuliah di Australia adalah peluang besar, tetapi juga bisa menantang secara finansial. Bekerja sambil kuliah dapat membantu Anda mengatasi beban keuangan Anda dan meningkatkan pengalaman kuliah Anda. Dengan manajemen waktu yang baik dan fokus pada pendidikan Anda, Anda dapat sukses dalam kuliah di Australia sambil bekerja. Ingatlah bahwa keseimbangan antara pendidikan dan pekerjaan adalah kunci untuk mencapai tujuan Anda di Australia. Selamat meraih pendidikan tinggi dan karir yang cerah di "Negeri Kanguru"!


Lebih baru Lebih lama