Student Savings Hacks: Mengelola Biaya Hidup di New Zealand bagi Mahasiswa Indonesia.

Biaya hidup di New Zealand - Starship Education
Starship Education

Tahukah kamu bahwa hanya ada delapan universitas di New Zealand / Selandia Baru, dan universitas-universitas ini berada dalam Top 3% ranking teratas di dunia. Hal inilah yang menarik banyak mahasiswa internasional untuk berimigrasi dan belajar di Negara Kiwi ini. namun, tahukan kamu bahwa New Zealand telah mengalami kenaikan tajam dalam biaya hidup seiring dengan pulihnya ekonomi global dari pandemi, dan perang di Ukraina telah meningkatkan biaya bahan bakar dan makanan. Sebagai mahasiswa internasional, mengelola pengeluaran sangat penting. Mari kita lihat biaya hidup di Selandia Baru untuk mahasiswa internasional, khususnya dari Indonesia.

Membandingkan Selandia Baru dengan Dunia

Menurut Survei Biaya Hidup yang dilakukan oleh Mercer.com di tahun 2023, dua kota terbesar di New Zealand, Auckland dan Wellington, terbukti lebih terjangkau daripada kota-kota di negara-negara besar di seluruh dunia! Auckland (peringkat 111) dan Wellington (peringkat 139) lebih terjangkau dibandingkan beberapa kota besar global, termasuk Hong Kong, Singapura, New York, Los Angeles, London, Dublin, Sydney, Melbourne, Brisbane, Toronto, dan Canberra.

Dengan memilih untuk belajar di New Zealand, kamu sudah memilih tempat yang lebih ekonomis untuk melanjutkan pendidikanmu. Di luar pusat-pusat utama New Zealand seperti Auckland, Hamilton, Wellington, Christchurch, dan Dunedin, kota-kota kecil seperti Tauranga, New Plymouth, dan Invercargill dapat lebih terjangkau sambil tetap menawarkan gaya hidup yang menarik loh.

Hemat Uang Saat Berbelanja

Saat berbelanja di toko-toko kelontong, mal, dan toko lainnya, merek produk yang kamu pilih dapat berpengaruh besar pada total harga yang harus kamu bayar. Meskipun beberapa orang memilih untuk membeli produk merek terkenal, pembeli dengan anggaran terbatas masih dapat menemukan produk berkualitas yang lebih fokus pada nilai.

Selain itu, pelajar bisa mendapatkan diskon yang bagus untuk segala hal mulai dari makanan, hiburan, hingga pakaian dengan menunjukkan Kartu Identitas Mahasiswa ketika kamu akan melakukan pembelian.

Biaya Hidup di Selandia Baru

Menurut informasi dari universitas di New Zealand, kamu perlu membuat anggaran antara NZ$15.000–$20.000 (South island) dan NZ$18.000–$25.000 (North Island) per tahun akademik untuk biaya hidup, tergantung di mana kamu tinggal.

Dan, biaya hidup tahunan seorang mahasiswa internasional di New Zealand adalah sekitar 1.500 NZD per bulan (umumnya pembayaran accomodation dilakukan dengan hitungan per minggu) kamu amsih bsia mendapatkan ahrga yang lebih murah atau lebih mahal tergantung lokasi dan jenis akomodasi yang kamu pilih.

Untuk program Master di New Zealand memiliki biaya antara NZD 26.000 hingga NZD 37.000 per tahun akademik, sementara biaya PhD dapat berkisar antara NZD 6.000 hingga NZD 9.000 tergantung pada jumlah pendanaan yang diterima untuk studi mereka di New Zealand. Gelar sarjana umumnya memiliki biaya antara NZD 22.000 hingga NZD 32.000 per tahun akademik. Badan imigrasi mensyaratkan bahwa calon mahasiswa harus memiliki setidaknya NZD 17.000 di rekening kamu untuk menunjukkan bahwa kamu mampu memebiayai studi kamu di new Zealand, hal ini emrujuk kepada persyaratan visa student di New Zealand.

Kamu juga akan memerlukan antara NZD 20.000 hingga NZD 25.000 per tahun (NZD 380 - 480 per minggu) untuk biaya tempat tinggal/sewa, makanan, transportasi, tagihan telepon, penggunaan internet, dan hiburan, ditambah dengan biaya kuliah dan asuransi Anda. Biaya hidup biasanya akan sama, terlepas dari biaya kuliah atau harga course yang kamu pilih. Perlu diperhatikan bahwa angka-angka ini hanyalah kisaran; persyaratan dari Imigrasi New Zealand adalah $15.000 per tahun plus tiket pulang atau tambahan $2.000. Tabel di bawah ini menunjukkan biaya hidup rata-rata di Selandia Baru untuk mahasiswa internasional.

Type Expense (in NZD)
Transportation NZD 10 – NZD 12 (for 5 km)
Rent NZD 800 – NZD 1500 per month
Groceries NZD 200 – NZD 500 per week
Visiting a doctor NZD 45– NZD 85
Milk NZD 3 per litre
Food NZD 15 - NZD 20
Telecommunications NZD 19
Utilities NZD 200 per week

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama