Mengelola Keuangan Saat Menjadi Mahasiswa Asing di Australia: Panduan untuk Mahasiswa Indonesia

Permanent Resident di Australia - Starship Education
Starship Education

Sebagai mahasiswa internasional di Australia, mengelola keuangan adalah sebuah tantangan khusus. Bagi mahasiswa Indonesia yang berencana kuliah di Australia pada tahun 2024, pemahaman dan perencanaan tentang biaya hidup bulanan sangatlah penting untuk pengalaman dan proses belajar yang lancar dan tanpa stres.

Gambaran Umum Biaya Hidup di Australia untuk Mahasiswa Internasional
Estimasi biaya hidup di Australia untuk mahasiswa internasional umumnya sekitar 20.000 AUD. Namun, ini dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti gaya hidup, akomodasi, transportasi, dan lainnya selama belajar di Australia. Sebelum membahas setiap faktor ini, berikut adalah gambaran tentang pengeluaran bulanan di Australia untuk mahasiswa internasional:

1. Tuition Fees / Biaya Kuliah
Sebelum membahas biaya hidup, penting untuk mempertimbangkan biaya kuliah. Mahasiswa Indonesia sebaiknya melakukan penelitian dan merencanakan biaya ini, yang dapat bervariasi berdasarkan universitas dan program studi yang dipilih.

Pengeluaran Anda untuk biaya kuliah tergantung pada jenis kualifikasi dan universitas atau sekolah yang Anda pilih. Misalnya, gelar kedokteran dan kedokteran hewan biayanya jauh lebih tinggi daripada gelar lainnya. Rata-rata biaya kuliah di institusi pendidikan tinggi di Australia berkisar antara 20.000 hingga 30.000 AUD per tahun.

Study Program Average Fees
School $7,800 to $30,000 annually
English language studies (ELICOS) $300/week (varies as per duration)
Vocational Education and Training (Certificates I to IV, Diploma and Advanced Diploma) $4000 - $22,000 annually
Undergraduate Bachelor Degree $15,000 - $33,000 annually
Postgraduate Master’s Degree $20,000 - $37,000 annually
Doctoral Degree $14,000 - $37,000 annually
* Source: www.studyinaustralia.gov.au

2. Accommodation / Akomodasi
Biaya akomodasi merupakan bagian signifikan dari anggaran bulanan. Pilihan akomodasi dapat bervariasi dari homestay hingga apartemen bersama, masing-masing dengan biaya yang terkait. Disarankan untuk menjelajahi berbagai pilihan dan menemukan keseimbangan yang tepat antara kenyamanan dan biaya.

Biaya utama berasal dari biaya akomodasi mahasiswa. Biaya akomodasi di Australia untuk mahasiswa internasional bervariasi berdasarkan jenis kamar yang Anda pilih. Anda dapat memilih dari banyak pilihan akomodasi, seperti asrama, rumah bersama, homestay lokal, dan lainnya. Di antaranya, asrama merupakan pilihan paling populer untuk mahasiswa internasional.

Berikut adalah gambaran biaya hidup bulanan di Australia untuk berbagai opsi akomodasi:

Type of Accomodation Average Cost
Homestays 450 AUD - 1,200 AUD
Halls of residence 440 AUD - 1,100 AUD
Halls of residence 440 AUD - 1,100 AUD
Apartment 750 AUD - 1,700 AUD
Shared apartment 650 AUD - 950 AUD

3. Daily Expenses / Pengeluaran sehari-hari
Anda perlu menyisihkan sejumlah uang untuk belanja bahan makanan, kegiatan sosial, dan situasi darurat. Saat tinggal di negara asing sebagai mahasiswa, lebih baik melacak pengeluaran Anda agar tidak berlebihan. Mengingat berbagai pengeluaran dan biaya hidup, anggaran mahasiswa internasional tunggal di Australia mencapai sekitar 200-400 AUD per minggu (indikatif). Anda juga harus mempertimbangkan pengeluaran umum ini saat membuat anggaran:

  • Biaya Komunikasi: Sebagai mahasiswa dari Indonesia, Anda mungkin sering menelepon teman dan keluarga di tanah air. Oleh karena itu, selalu sisihkan sebagian dari anggaran Anda untuk tagihan telepon dan biaya data. Biaya perkiraan untuk telepon dapat berada di sekitar 150 AUD per 3 bulan. Panggilan lokal dari telepon rumah bisa sekitar 30-40 sen dan tidak dibatasi waktu. Cari rencana panggilan yang efektif biaya dan diskon mahasiswa agar tetap terhubung dengan orang yang Anda cintai dalam anggaran bulanan Anda.. 
  • Bahan Makanan: Sisihkan setidaknya 180 AUD per dua minggu jika Anda tinggal di akomodasi pribadi. Ini akan lebih sedikit jika paket Anda termasuk makanan. 
  • Buku dan Perlengkapan: Membeli buku teks bisa agak mahal. Misalnya, buku untuk program teknik, hukum, dan kedokteran bisa mahal. Anda dapat mengelola ini dalam anggaran Anda dengan memilih buku bekas, membeli versi digital, atau bahkan mendapatkan keanggotaan perpustakaan.
  • Pengeluaran Pribadi: Pengeluaran harian Anda akan mencakup laundry, perlengkapan mandi, pakaian, makan di luar, dll. Ini sepenuhnya tergantung pada jenis gaya hidup yang Anda pilih.

Makanan umumnya merupakan bagian penting yang harus Anda masukkan dalam pengeluaran hidup bulanan Anda di Australia. Ini harus terjangkau jika Anda berhasil memasak makanan Anda sendiri daripada pergi ke restoran mewah. Makan di luar secara teratur dapat meningkatkan biaya Anda dan bisa sangat mahal.

Yang terbaik untuk Anda adalah mencari toko kelontong asli Anda di Australia yang menyediakan semua bahan untuk hidangan khas Anda, karena sebagian besar mahasiswa internasional menemukan mudah untuk memasak makanan mereka sendiri. Oleh karena itu, biaya hidup mahasiswa di Australia dapat dikelola dengan baik.

Biaya beberapa makanan dan bahan pokok dasar diberikan di bawah ini:

Particulars Costs
White Rice 1 kg 2.64 AUD
A Dozen Eggs 5.36 AUD
White Fat Milk 1 Litre 1.24 AUD
Fast Food Combo Meal 12 AUD
1 kg / Apples 4.32 AUD
500 gr Local Cheese 9 AUD
Tomatoes 1 kg 5.08 AUD
1.5 Litres of Water 2.20 AUD
Potatoes 1 kg 3.35 AUD
Bread (for 2 people) 2.78 AUD

4. Household Bills / Tagihan Rumah Tangga
Menyala lampu dan air mengalir adalah hal yang wajar, tetapi ada tagihan lain seperti gas, internet, dan bahkan pengumpulan sampah yang dapat muncul tiba-tiba. Tagihan rumah tangga seorang mahasiswa juga muncul saat tinggal di Australia. Sebagian besar biaya akomodasi mencakup utilitas dasar ini, tetapi jika tidak, Anda harus mempertimbangkannya dalam biaya hidup Australia per bulan. Lihatlah biaya rata-rata pengeluaran rumah tangga Anda di negara tersebut:

Bills Average Cost Per Month
Internet 70 AUD
Basic Utilities such as Electricity, Heating, Cooling, Water, Garbage etc 200 AUD
Prepaid Mobile Tariff Local 0.10-1 AUD

5. Transportation
Biaya hidup di Australia untuk mahasiswa juga mencakup perjalanan di sekitar kota. Umumnya, jika Anda tinggal jauh dari universitas, Anda harus bepergian banyak untuk mencapai tujuan Anda. Tetapi untuk mengelola pengeluaran ini, Anda dapat memanfaatkan beberapa diskon mahasiswa yang tersedia bagi mahasiswa internasional di negara tersebut.

Anda juga dapat memilih untuk bepergian dengan transportasi umum karena transportasi umum sangat terhubung di dalam kota dan juga sangat nyaman. Naik bus, kereta, atau bahkan menggunakan sepeda untuk transportasi dapat menjadi pilihan yang sangat terjangkau dibandingkan dengan menggunakan taksi.

Gambaran beberapa transportasi dengan biaya diberikan di bawah ini:

Mode of Transport Average Cost
One-way local transport ticket 3-6 AUD
Taxi Tariff 3.60 AUD - 7 AUD
Gasoline (1 litre) 1.19 AUD - 1.60 AUD
Monthly Pass 90 AUD - 220.70 AUD

6. Health Insurance / Asuransi Kesehatan
Asuransi kesehatan untuk mahasiswa internasional adalah hal yang wajib. Anda diharuskan memiliki Overseas Student Health Cover (OSHC) saat mengajukan visa studi di Australia. Ada beberapa penyedia OSHC yang diakui oleh pemerintah Australia. Konsultasikan dengan Starship Education untuk mendapatkan rencana OSHC yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

Penyedia Resmi OSHC yang bekerjasama denga Starship Education:

Starship Education - ahm OSHC
Starship Education -  Medibank OSHC
Starship Education - Allianz Care
Starship Education - BUPA
Starship Education -  NIB
Starship Education - ahm OSHC
Starship Education -  Medibank OSHC
Starship Education - Allianz Care
Starship Education - BUPA
Starship Education -  NIB

7. Entertainment and Leisure / Hiburan dan Rekreasi
Meskipun studi adalah prioritas, mengalokasikan dana untuk kegiatan sosial dan rekreasi penting untuk gaya hidup seimbang. Merencanakan kegiatan sesekali dapat memberikan kontribusi positif pada pengalaman keseluruhan.

Australia dikenal dengan seni dan budaya yang hidup, serta pemandangan alam yang indah. Beberapa kegiatan dan atraksi populer termasuk mengunjungi museum dan galeri, menghadiri konser dan festival, serta menjelajahi alam luar yang menakjubkan. Biaya kegiatan ini dapat bervariasi luas, tetapi pilihan yang gratis atau berbiaya rendah seringkali tersedia..

Secara keseluruhan, pengeluaran gaya hidup dan hiburan dapat bertambah cepat di Australia, tetapi banyak pilihan terjangkau juga tersedia.

Selain itu, biaya hidup rata-rata di Australia juga dipengaruhi oleh lokasi tempat Anda ingin tinggal. Misalnya, biaya hidup di Sydney jauh lebih mahal bagi mahasiswa internasional dibandingkan dengan tinggal di kota seperti Gold Coast dan Canberra.

Lihatlah perbedaan antara biaya hidup di berbagai kota di Australia untuk mahasiswa internasional:

City Average Cost of Living
Gold Coast 20,600 AUD
Canberra 22,400 AUD
Adelaide 24,500 AUD
Melbourne 24,500 AUD
Brisbane 25,600 AUD
Perth 25,700 AUD

Secara ringkas, mahasiswa Indonesia sebaiknya merencanakan dan menganggarkan dengan cermat biaya kuliah, akomodasi, pengeluaran harian, asuransi kesehatan, dan kegiatan hiburan. Pendekatan proaktif terhadap pengelolaan keuangan ini akan membantu memastikan tinggal yang sukses dan menyenangkan di Australia.


Lebih baru Lebih lama