Kuliah Sambil Bekerja di Amerika? Bisa Gak Sih?

Kuliah sambil Bekerja di Amerika - Starship Education
Starship Education

Jika kamu adalah seorang mahasiswa internasional yang sedang belajar di Amerika Serikat, kamu memiliki kesempatan untuk bekerja paruh waktu tetapi ingat bahwa kamu dibatasi oleh syarat-syarat visa kamu. Sangat PENTING bagi kamu untuk mengetahui semua persyaratan dan pembatasan yang berkaitan dengan visa kamu!

Sebagian besar mahasiswa internasional di Amerika Serikat memegang visa F1, yang merupakan visa siswa non-imigran AS. Mahasiswa F1 diizinkan untuk bekerja di Amerika Serikat, tetapi hanya dalam kondisi tertentu dan sesuai dengan panduan dan pembatasan yang rumit yang dikeluarkan oleh Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi Amerika Serikat (USCIS).

Secara umum, semua pekerjaan tergantung pada tetap berada dalam syarat dan pembatasan visa F1 kamu. Ada beberapa kategori pekerjaan selama masa tinggal kamu sebagai mahasiswa F1 di Amerika Serikat. Pekerjaan di kampus adalah yang paling tersedia secara bebas, dan kemudian ada empat kategori pekerjaan di luar kampus yang dapat kamu pilih:


On-Campus Employment atau Pekerjaan di kampus adalah kategori yang paling diizinkan oleh regulasi USCIS, dan tidak memerlukan persetujuan USCIS. Namun, peluang pekerjaan di kampus di sebagian besar sekolah terbatas. Meskipun Anda bisa mendapatkan pekerjaan di kampus, Anda tidak dapat mengandalkannya untuk membuktikan sumber daya keuangan selama tahun tersebut, dan seringkali pekerjaan tersebut tidak berhubungan dengan studi Anda. Banyak sekolah memerlukan izin dari Kantor Mahasiswa Internasional sebelum menerima pekerjaan di kampus, dan mungkin tidak mengizinkan pekerjaan semacam itu dalam semester atau tahun pertama seorang mahasiswa.

Untuk pekerjaan di kampus, seorang mahasiswa F1 harus mematuhi aturan berikut:

  • Harus mempertahankan status F1 yang valid 
  • Boleh bekerja hingga 20 jam per minggu selama perkuliahan berlangsung 
  • Boleh bekerja penuh waktu di kampus selama liburan dan masa cuti jika bermaksud mendaftar untuk semester akademik berikutnya 
  • Pekerjaan tidak boleh menggantikan pekerjaan warga Amerika Serikat

Karena status Anda selalu tergantung pada dukungan sekolah Anda, Anda harus mencari bimbingan dan persetujuan dari Kantor Mahasiswa Internasional sebelum menerima atau mengajukan lamaran untuk pekerjaan apa pun. Anda juga perlu bimbingan dari sekolah Anda untuk memastikan bahwa Anda mengajukan semua formulir yang tepat kepada USCIS dan menerima persetujuan USCIS yang diperlukan.

Mahasiswa internasional di Amerika Serikat dengan Visa F1 dapat bekerja di luar kampus dalam status pelatihan praktis opsional (OPT) selama dan setelah menyelesaikan gelar / program belajar. Aturan USCIS mengatur OPT, membutuhkan izin dari USCIS dan kantor mahasiswa internasional sekolah. OPT bisa dimulai setelah 9 bulan terdaftar, tetapi baru boleh mulai bekerja setelah mendapatkan Dokumen Izin Kerja (EAD) dan terdaftar minimal setahun. OPT harus "berhubungan langsung" dengan jurusan, diizinkan hingga 12 bulan, dan ada batasan waktu untuk mendaftar. Mahasiswa harus menjaga status Visa F1, dan ada aturan khusus untuk OPT sebelum atau setelah menyelesaikan gelar. Beberapa sekolah menawarkan program kerja dan studi yang dikoordinasikan melalui program CPT. Perhatikan aturan perjalanan untuk Visa F1 di OPT agar bisa kembali ke Amerika Serikat setelah perjalanan.

OPT sebelum menyelesaikan gelar:
  • Mahasiswa harus terdaftar di sekolah penuh waktu 
  • Mahasiswa hanya boleh bekerja 20 jam per minggu selama sekolah berlangsung 
  • Mahasiswa boleh bekerja penuh waktu selama musim panas dan liburan lainnya (selama mahasiswa akan kembali ke sekolah setelah liburan) 
  • Mahasiswa boleh bekerja penuh waktu setelah menyelesaikan semua kursus, jika sebuah tesis atau disertasi masih diperlukan dan mahasiswa membuat kemajuan normal menuju gelar

OPT setelah menyelesaikan gelar:
  • Setelah menyelesaikan gelar Anda, pekerjaan OPT harus penuh waktu (40 jam/minggu) 
  • Semua OPT harus selesai dalam waktu 14 bulan setelah menyelesaikan gelar Anda 
  • Aplikasi untuk OPT pasca-penyelesaian harus diterima oleh USCIS sebelum penyelesaian gelar

Curricular Practical Training (CPT) adalah opsi pekerjaan di luar kampus bagi mahasiswa F1 ketika pelatihan praktis merupakan bagian integral dari kurikulum atau program akademik yang sudah ditetapkan. Pekerjaan CPT didefinisikan sebagai "kerja/studi alternatif, magang, pendidikan kerja sama, atau jenis magang atau praktikum yang diperlukan lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan sponsor melalui perjanjian kerjasama dengan sekolah." Untuk memenuhi syarat, pengalaman kerja harus diperlukan untuk gelar Anda, atau kredit akademik harus diberikan. Dan ya, Anda bisa dibayar untuk pekerjaan CPT. Izin sebelumnya dari Kantor Mahasiswa Internasional sekolah Anda dan pemberitahuan kepada Layanan Imigrasi dan Kewarganegaraan Amerika Serikat (USCIS) diperlukan.

Untuk memenuhi syarat untuk pekerjaan CPT:

  • Anda harus telah terdaftar penuh waktu di sekolah selama satu tahun dengan status F1 yang valid (kecuali untuk mahasiswa pascasarjana di mana program tersebut memerlukan CPT langsung) 
  • Pekerjaan CPT harus merupakan bagian integral dari program gelar Anda atau persyaratan untuk kursus yang Anda terima kredit akademiknya 
  • Anda harus telah menerima tawaran pekerjaan yang memenuhi syarat sebelum mengajukan permohonan izin CPT Anda.
  • Tawaran pekerjaan Anda harus dalam jurusan atau bidang studi Anda.
  • Kantor Mahasiswa Internasional Anda harus memberi Anda izin untuk CPT. Setelah Anda menerima izin CPT, Anda hanya dapat bekerja untuk majikan tertentu dan untuk tanggal tertentu yang diizinkan (berbeda dengan OPT atau pekerjaan di luar kampus karena kesulitan ekonomi berat, di mana Anda dapat bekerja di mana saja di AS). Izin CPT Anda juga akan menentukan apakah Anda disetujui untuk CPT paruh waktu (20 jam per minggu atau kurang) atau penuh waktu (lebih dari 20 jam per minggu). Saat berada di sekolah, Anda hanya dapat disetujui untuk CPT paruh waktu.

Mahasiswa dengan Visa F1 yang mengalami "kesulitan ekonomi berat" sebagaimana ditetapkan oleh USCIS memenuhi syarat untuk bekerja di luar kampus hingga 20 jam per minggu selama masa perkuliahan, dan penuh waktu saat liburan.

Untuk memenuhi syarat sebagai "kesulitan ekonomi berat", seorang mahasiswa harus:

  • Berada dalam status F1 yang sah selama setidaknya satu tahun akademik (9 bulan) 
  • Berada dalam keadaan akademik yang baik 
  • Memberikan bukti kesulitan ekonomi berdasarkan keadaan yang tidak terduga di luar kendali mahasiswa 
  • Menunjukkan bahwa pekerjaan di kampus tidak tersedia atau tidak mencukupi 
  • Berupaya dengan sungguh-sungguh untuk mencari pekerjaan di kampus sebelum mengajukan permohonan

Anda harus mengajukan "dokumen izin bekerja" (EAD) dengan bantuan dan panduan dari Kantor Mahasiswa Internasional Anda -- Anda tidak perlu memiliki tawaran pekerjaan sebelum mengajukan EAD. Namun beberapa formulir dan dokumen diperlukan, bersama dengan biaya dan foto, dll., dan pemrosesan bisa memakan waktu hingga 12 minggu atau lebih -- dan Anda tidak dapat mulai bekerja sampai Anda menerima EAD. Setelah Anda menerima EAD, Anda dapat bekerja untuk pengusaha di mana pun di Amerika Serikat. Izin bekerja secara otomatis dicabut jika seorang mahasiswa gagal mempertahankan status F1 yang sah.

Kategori pekerjaan terakhir bagi mahasiswa internasional di AS dengan visa F1 adalah pekerjaan dengan "organisasi internasional yang diakui." Untuk memenuhi syarat, sebuah organisasi harus terdaftar dalam daftar resmi Departemen Luar Negeri, dan organisasi yang terdaftar termasuk Palang Merah, Bank Pembangunan Afrika dan Asia, Organisasi Kesehatan Dunia, Organisasi Perdagangan Dunia, dan banyak organisasi serupa lainnya yang kurang dikenal. Karena tidak memiliki aplikasi universal seperti OPT atau CPT, kategori pekerjaan ini sering diabaikan. Hanya mahasiswa dengan tawaran pekerjaan dan sponsor dari salah satu organisasi yang terdaftar yang memenuhi syarat. Namun, bagi mahasiswa yang beruntung memiliki sponsor seperti itu, terdapat manfaat yang jelas dari kategori pekerjaan ini.

Persyaratan untuk bekerja di organisasi internasional:

  • Mahasiswa harus memiliki magang/pekerjaan dengan "organisasi internasional yang diakui." 
  • Pekerjaan harus sesuai dengan sponsor organisasi tersebut, dan sesuai dengan bidang studi mahasiswa. 
  • Mahasiswa harus dalam status F1 yang sah selama setidaknya satu tahun akademik penuh. 
  • Mahasiswa harus dalam kondisi akademik yang baik.

Jika Anda memenuhi persyaratan ini, Anda dapat mengajukan Dokumen Izin Kerja (EAD) dari Layanan Imigrasi dan Kewarganegaraan Amerika Serikat (USCIS). Anda dapat mulai bekerja setelah menerima EAD, yang bisa memakan waktu hingga 3 bulan.

Berapa Gaji Yang Bisa Di Dapat Mahasiswa Saat Bekerja Paruh Waktu di Amerika Serikat?

Berdasarkan hasil survey dari https://www.ziprecruiter.com/, per tanggal 1 januari 2024, rata-rata upah per jam untuk pekerjaan Paruh Waktu untuk Mahasiswa International di Amerika Serikat adalah $16.57. Rentang upahnya bervariasi antara $14.66 hingga $18.51.


Lebih baru Lebih lama