Biaya Hidup bagi Mahasiswa Internasional di Singapura

Biaya Hidup di Singapore - Starship Education
Starship Education

Ketika memilih untuk menempuh pendidikan di Singapura, penting bagi mahasiswa internasional untuk memahami estimasi biaya hidup yang mungkin mereka hadapi. Artikel ini akan memberikan panduan rinci mengenai berbagai biaya hidup yang perlu diperhitungkan agar Anda dapat merencanakan keuangan Anda dengan baik.


Biaya sewa tempat tinggal di Singapura bervariasi tergantung pada lokasi geografis, tipe, ukuran, fasilitas yang disediakan, dan jumlah orang yang berbagi tempat tinggal. Rentang harga berkisar antara $800 hingga $2,500 per bulan.

Pertimbangan penting lainnya adalah biaya makanan. Dengan perkiraan $20 hingga $40 per hari untuk tiga kali makan, mahasiswa internasional dapat mengharapkan biaya makan sekitar $600 hingga $1,200 per bulan.

Biaya transportasi bergantung pada jarak yang ditempuh dan mode transportasi yang digunakan. Mahasiswa penuh waktu dapat menikmati diskon mahasiswa pada MRT dan bus umum, dengan biaya berkisar antara $100 hingga $150 per bulan.

Bergantung pada penggunaan pribadi dan berbagai rencana, biaya langganan ponsel berkisar antara $48 hingga $108 per bulan.

Pengeluaran pribadi, termasuk pakaian, perlengkapan mandi, hiburan, potongan rambut, dan berbagai pengeluaran lainnya, dapat berkisar antara $200 hingga $500 per bulan.

Bagi yang ingin membawa anggota keluarga langsung ke Singapura, mereka harus mendapatkan visa terpisah sebelum memasuki negara ini. Harap dicatat bahwa visa dependen mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk diatur dibandingkan dengan Student's Pass.

Mahasiswa internasional dengan Student Pass harus memiliki Asuransi Kesehatan dan Bedah (H&S) yang berlaku 24 jam di Singapura dengan batas penggantian tahunan minimum hingga S$20,000 per orang.

Dengan memahami dan merencanakan biaya ini, mahasiswa internasional dapat menjalani pengalaman belajar di Singapura dengan lebih tenang dan memfokuskan perhatian pada perkembangan akademis mereka.

Starship Education - FAQ
FAQ
  • Apakah mahasiswa internasional di Singapura diizinkan untuk bekerja sambilan?

    Ya, mahasiswa internasional di Singapura diizinkan bekerja sambilan selama musim liburan atau dalam pekerjaan khusus yang telah disetujui.

  • Apa saja beasiswa yang dapat saya lamar sebagai mahasiswa internasional di Singapura?

    Beasiswa seperti Beasiswa SINGA, Beasiswa NUS, dan Beasiswa NTU adalah beberapa opsi yang dapat Anda pertimbangkan.

  • Apa langkah-langkah yang dapat diambil jika menghadapi krisis keuangan di Singapura?

    Langkah-langkah melibatkan mencari bantuan dari kampus, mencari pekerjaan sambilan tambahan, dan membuat rencana keuangan darurat.

  • Apakah ada klub atau komunitas khusus untuk mahasiswa internasional di Singapura?

    Ya, banyak universitas memiliki klub atau komunitas khusus untuk mahasiswa internasional. Bergabung dapat membantu Anda merasa lebih terhubung dan mendapatkan tips berguna.

  • Bagaimana cara mendapatkan kartu mahasiswa dan apa manfaatnya?

    Kartu mahasiswa diperoleh setelah pendaftaran di universitas. Manfaatnya termasuk diskon di berbagai tempat, termasuk transportasi dan kegiatan hiburan.

Lebih baru Lebih lama