Biaya Hidup Mahasiswa di China 2024

Biaya Hidup di China - Starship Education
Starship Education

Hidup di China sebagai mahasiswa internasional menawarkan kombinasi unik dari keterjangkauan, imersi budaya, dan pendidikan berkualitas tinggi. Memahami biaya hidup adalah hal penting bagi calon mahasiswa yang merencanakan perjalanan studi mereka ke luar negeri. Dalam panduan ini, kita akan mengulas berbagai faktor yang memengaruhi biaya hidup di China dan memberikan tips berharga tentang cara mengelola anggaran secara efektif.


Di China, banyak universitas menawarkan beragam opsi akomodasi bagi mahasiswa, mulai dari fasilitas di dalam kampus yang aman dan nyaman hingga pilihan di luar kampus yang memberikan lebih banyak kemandirian dan pengalaman imersi dalam kehidupan lokal. Biaya perumahan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti lokasi dalam kota, ukuran akomodasi, dan fasilitas yang disediakan. Asrama mahasiswa biasanya merupakan opsi yang terjangkau dengan harga bulanan berkisar antara 995 RMB hingga 2.655 RMB, sementara apartemen bisa mencapai 1.660 RMB hingga 6.637 RMB per bulan, tergantung pada lokasi dan fasilitasnya. Selain itu, homestay dan hostel juga tersedia dengan harga bervariasi, sementara deposit keamanan umumnya berkisar antara 1.990 hingga 3.053 RMB.

Di China, makan di luar bisa terjangkau dengan warung makan lokal menyediakan makanan dengan harga beberapa dolar, sementara restoran kelas menengah dan tinggi juga tersedia untuk memenuhi berbagai anggaran. Memasak di rumah bisa menjadi opsi hemat biaya dengan bahan makanan yang mudah ditemukan di pasar lokal, supermarket, atau platform online. Biaya hidup bervariasi menurut kota, dengan daerah metropolitan seperti Beijing dan Shanghai cenderung lebih mahal. Pengeluaran bulanan, termasuk akomodasi, berkisar antara 600 USD hingga 1.200 USD. Namun, pilihan gaya hidup dapat sangat memengaruhi pengeluaran secara keseluruhan.

Biaya pendaftaran untuk program-program akademik berkisar antara 90 hingga 150 USD, dengan biaya pendaftaran untuk program MBBS cenderung menjadi yang paling mahal. Sementara itu, biaya uang kuliah relatif rendah, dengan kisaran antara 3300 hingga 9900 USD per tahun. Untuk membantu mengurangi beban keuangan, berbagai beasiswa tersedia bagi para pelajar.

  • China memiliki jaringan transportasi publik yang luas dan terjangkau, termasuk kereta bawah tanah, bus kota, taksi, dan layanan sepeda bersama. 
  • Pilihan transportasi pribadi seperti taksi atau rental mobil menawarkan kenyamanan namun dengan biaya yang lebih tinggi.
  • Asuransi kesehatan wajib bagi mahasiswa internasional di China, dengan universitas menawarkan rencana khusus atau mahasiswa harus membeli sendiri. 
  • Layanan kesehatan bervariasi biayanya, dengan rumah sakit umum umumnya lebih murah daripada rumah sakit swasta.

China menawarkan berbagai kegiatan rekreasi yang sesuai dengan semua anggaran, termasuk bioskop, museum, situs bersejarah, pasar lokal, taman, dan acara yang diselenggarakan oleh universitas.

Dibandingkan dengan tujuan studi populer seperti Amerika Serikat, Inggris, atau Australia, China umumnya menawarkan pilihan yang lebih terjangkau, terutama dalam hal biaya kuliah dan biaya hidup.

Hidup di China sebagai mahasiswa internasional menawarkan pengalaman yang unik dan terjangkau, dengan berbagai pilihan akomodasi, makanan, transportasi, layanan kesehatan, dan kegiatan rekreasi. Dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi biaya hidup dan menerapkan strategi anggaran yang efektif, mahasiswa dapat menikmati pengalaman studi di luar negeri yang memuaskan di China.


Lebih baru Lebih lama