Kuliah Sambil Kerja di China, Di Gaji Berapa ya?

Kuliah sambil kerja China - Starship Education
Starship Education

Apakah Anda tertarik untuk mengejar gelar di China sambil memiliki pengalaman kerja yang berharga? Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana Anda dapat kuliah sambil bekerja di China!

Pada tanggal 12 Januari 2022, Kementerian Pendidikan China bersama dengan Kementerian Keamanan Publik, Kementerian Sumber Daya Manusia dan Asuransi Sosial, dan Administrasi Imigrasi Nasional merilis panduan baru yang memungkinkan mahasiswa internasional yang memiliki izin tinggal yang sah untuk bekerja paruh waktu baik di dalam maupun di luar kampus.


Kebijakan ini berlaku untuk mahasiswa internasional di China dengan izin tinggal yang sah yang merupakan mahasiswa saat ini dari institusi pendidikan tinggi yang menawarkan kualifikasi akademik.


Mahasiswa internasional diizinkan untuk bekerja maksimal 8 jam per minggu di dalam maupun di luar kampus, dengan total tidak melebihi 40 jam per bulan. Selama liburan musim dingin dan musim panas, jumlah jam kerja dapat ditingkatkan menjadi maksimal 16 jam per minggu dan 80 jam per bulan.


Untuk bekerja di luar kampus, mahasiswa internasional harus memenuhi beberapa persyaratan dasar, seperti memiliki izin tinggal yang masih berlaku selama lebih dari enam bulan, tidak memiliki catatan kriminal, dan mematuhi peraturan dan ketentuan di China.


Mahasiswa yang bekerja di dalam kampus akan dibayar secara bulanan, dengan penghasilan setidaknya tidak lebih rendah dari standar hidup minimum penduduk lokal. Sementara itu, mahasiswa yang bekerja di luar kampus akan dibayar sesuai dengan standar upah minimum yang ditetapkan oleh pemerintah setempat.


Mahasiswa yang ingin bekerja di luar kampus harus mengajukan persetujuan dari sekolah mereka dan mengirimkan dokumen-dokumen terkait ke Departemen Administrasi Pendaftaran Masuk dan Keluar setempat dalam waktu 10 hari untuk memperoleh informasi terkait pekerjaan yang ditambahkan ke izin tinggal mereka.



Berapa Gaji Yang Bisa Di Dapat Mahasiswa Saat Bekerja Paruh Waktu di China?

Mahasiswa internasional di China dapat menghasilkan uang tambahan melalui pekerjaan paruh waktu. Gaji part-time bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti lokasi dan jenis pekerjaan. Di Beijing, pada tahun 2023, gaji dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor tersebut. Secara umum, salah satu cara paling populer untuk mahasiswa internasional menghasilkan uang tambahan adalah dengan mengambil pekerjaan paruh waktu di samping studi mereka.

Namun, perlu dicatat bahwa pekerjaan paruh waktu untuk mahasiswa internasional di China terbatas hingga maksimal 24 jam per minggu selama masa kuliah. Tingkat upah minimum di China juga dapat bervariasi; sebagai contoh, pada tanggal 30 Januari 2024, Shanghai memiliki upah minimum bulanan tertinggi di antara 31 provinsi, yaitu RMB 2,690/US$370.

Kuliah sambil bekerja di China adalah pilihan menarik bagi mahasiswa internasional yang ingin mendapatkan pengalaman belajar yang berharga sambil memperoleh penghasilan tambahan. Dengan mengikuti panduan yang tepat dan mematuhi aturan yang berlaku, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan diri secara akademik dan profesional di China.


Lebih baru Lebih lama