Ranking Universitas Menentukan Kualitas? Belum Tentu!


Seperti yang kita ketahui, Universitas paling terkenal mempublikasikan hasil ranking universitas terbaik di dunia setiap tahunnya. Baik itu peringkat universitas internasional seperti World University Rankings oleh Times Higher Education, Academic Ranking of World Universities oleh Universitas Shanghai, atau QS Rankings oleh TopUniversities, hasil ranking ini tentu membuat banyak student kebingungan membandingkan satu universitas dengan universitas yang lain. Dan itu wajar saja, karena student ingin menemukan program yang memberi peluang tertinggi di masa depan profesional dan pribadi yang cerah.

Peringkat universitas internasional bukan satu-satunya cara!

Bagaimana jika Anda tidak diterima atau tidak memiliki sumber daya untuk masuk ke perguruan tinggi peringkat top-100 atau top-200? Apakah hidup Anda hancur? Tidak mungkin! Anda harus mencari sumber informasi lain. Perluas pencarian Anda untuk universitas lain yang sesuai dengan kapasitas Anda saat ini.

Selain faktor ranking, elemen apa saja yang menentukan suatu universitas lebih baik daripada universitas yang lain? Dan apakah ranking teratas benar-benar menjamin masa depan Anda? dan apakah universitas yang tidak masuk ke dalam daftar peringkat tidak layak mendapatkan perhatian Anda? Jawabannya, belum tentu.

Jika kita perhatikan hasil survey dari lembaga survey international diatas, maka kita tidak akan menemukan perbedaan yang signifikan dari ranking teratas, menengah dan rendah. Hal ini dikarenakan kualifikasi yang dinilai dari lembaga survey untuk menentukan ranking universitas tersebut beragam. Diantaranya :
  • Academic reputation
  • Graduation rates
  • Research citations and papers published
  • Internationality of faculty and students
  • Employer reputation
  • Student to faculty ratio
  • Industry income
  • Award winners
  • Funding offered to students

Perlu kita ketahui bahwa pendidikan tinggi di luar negeri tidak hanya tentang reputasi, penelitian, gaji, dan internasionalitas terbaik. Bagian penting dari memilih universitas yang baik adalah menemukan pendidikan yang Anda mampu, atau kampus tempat Anda menikmati masa kuliah Anda,

Apakah Anda lebih suka lulus program di universitas terkenal dan menemukan Anda tidak menikmati pengalaman, atau menemukan universitas yang cocok untuk pengembangan Anda baik dari segi academic maupun faktor peningkatan kualitas diri yang lainnya? Sebuah universitas mungkin unggul dalam studi bisnis, tetapi mungkin hanya 'OK' ketika datang ke ilmu sosial. Atau mungkin pengajaran mereka bagus, tetapi tidak memiliki kelas praktis yang benar-benar Anda minati.

Oleh karena itu, Anda bisa melakukan beberapa hal, sebelum memutuskan memilih universitas yang tepat, Anda bisa:

Bandingkan opsi studi di seluruh dunia
Baca artikel yang membantu Anda mendapatkan gelar di luar negeri
Cari tahu apa kata siswa lain / alumni universitas tersebut
Periksa peringkat subjek-spesifik yang berkaitan dengan disiplin jurusan yang Anda minati
Ajukan pertanyaan di forum dan platform lain
Datanglah ke Expo sekolah luar negeri
Temui Education Counselor untuk mendapatkan insight lebih dalam

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama