[Video] Tips Sukses Mendapatkan beasiswa LPDP Dari Youtuber Jordy Herfandi

Tips Sukses Mendapatkan Beasiswa LPDP - Jordy Herfandi



Yuk kita bedah pengalaman dari Youtuber Jordy Herfandi terkait pengalamannya sukses nya mendapatkan beasiswa LPDP ke Inggris. Jangan lupa untuk visit akun Youtube kak Joordy Herfandi untuk mendapatkan info lainnya, jangan lupa subscribe juga ya!




Highlight of the video

  1. LPDP merupakan lembaga di bawah Kementerian Keuangan yang dikelola oleh Badan Pengelola Dana Pendidikan.
  2. LPDP memiliki dana sumbangan yang diinvestasikan untuk pendidikan tinggi, terutama untuk magister dan doktor, tanpa memandang status ekonomi.
  3. Program beasiswa LPDP mencakup beasiswa reguler untuk umum, afirmasi untuk daerah tertentu, dan program target seperti untuk dosen unggulan.
  4. Beasiswa reguler LPDP ditujukan untuk pendidikan tingkat magister dan doktor di dalam dan luar negeri, mencakup biaya pendidikan dan pendukung tanpa biaya tambahan bagi penerima.
  5. Biaya transportasi, aplikasi visa, dan izin tinggal ditanggung sepenuhnya oleh LPDP.
  6. Persyaratan termasuk memiliki asuransi kesehatan dan penerima beasiswa menerima dana hidup bulanan serta dana kedatangan.
  7. Proses seleksi meliputi pengajuan berkas, diskusi kelompok, penulisan esai, dan wawancara.
  8. Konsistensi, kejujuran, dan kesiapan untuk menerima pertanyaan tidak terduga diwawancara sangat penting bagi calon penerima beasiswa LPDP.
  9. Mempersiapkan diri dengan baik, mengenali dan mengatasi kelemahan pribadi, serta memiliki tujuan karier yang jelas merupakan kunci sukses dalam mendapatkan beasiswa LPDP. 

LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) merupakan lembaga di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang dikenal dengan program beasiswa S2 dan S3-nya. Beasiswa LPDP tidak hanya mencakup biaya pendidikan, tetapi juga biaya hidup, tunjangan untuk buku, seminar, dan publikasi. Program ini bertujuan untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan berpotensi di berbagai bidang ilmu.

Proses seleksi LPDP merupakan tahapan yang cukup komprehensif dan memerlukan persiapan yang matang. Tahapan-tahapan utama dalam proses seleksi ini meliputi:


  1. Pengajuan Berkas : Pertama-tama, calon penerima beasiswa harus mengajukan berkas yang lengkap dan akurat. Berkas yang diperlukan antara lain formulir online, rencana studi, surat rekomendasi, dan sertifikat bahasa asing.
  2. Tes Bahasa Asing dan Tes Komputer : Calon penerima beasiswa akan mengikuti tes bahasa asing dan tes komputer yang meliputi tes akademik, intelegensi umum, dan tes karakter kepribadian.
  3. Wawancara : Tahap terakhir adalah wawancara, di mana calon penerima beasiswa akan diuji melalui diskusi kelompok tanpa pemimpin. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi, kepemimpinan, dan kecocokan dengan nilai-nilai yang dijunjung oleh LPDP.

LPDP menyediakan beberapa jenis beasiswa, termasuk:


  1. Beasiswa Reguler : Beasiswa reguler ditujukan untuk para pelamar yang memiliki prestasi akademik yang sangat baik dan memiliki potensi untuk memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Indonesia.
  2. Beasiswa Afirmasi : Beasiswa ini diperuntukkan bagi pelamar yang berasal dari daerah-daerah tertentu yang memiliki keterbatasan akses terhadap pendidikan tinggi.
  3. Program Terdekat Grup : Program ini dirancang untuk para pelamar yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri dalam kelompok atau program tertentu.

Berikut adalah beberapa tips dari para ahli untuk meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan beasiswa LPDP:


  1. Persiapkan diri dengan baik untuk setiap tahapan seleksi, termasuk pengajuan berkas, tes bahasa asing, tes komputer, dan wawancara.
  2. Jaga konsistensi dan integritas dalam mengisi formulir dan mengajukan dokumen. Jangan mencoba untuk memalsukan informasi atau dokumen, karena hal ini dapat merugikan Anda pada tahap seleksi berikutnya.
  3. Latih kemampuan komunikasi dan kepemimpinan Anda, karena wawancara merupakan salah satu tahapan yang sangat penting dalam proses seleksi.
  4. Terimalah feedback dengan baik, baik dari keberhasilan maupun kegagalan, dan gunakan sebagai pembelajaran untuk meningkatkan diri di masa depan.

Dengan mengikuti tips di atas dan mempersiapkan diri secara maksimal, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk meraih beasiswa LPDP yang Anda idamkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti proses seleksi beasiswa LPDP. Teruslah berjuang dan percayalah bahwa kesuksesan ada di depan mata!

Starship Education - FAQ
FAQ
  • Apakah beasiswa LPDP hanya untuk program S2 dan S3?

    Tidak, LPDP juga memberikan beasiswa untuk program-program pengembangan sumber daya manusia (PSDM) serta beasiswa luar negeri dan dalam negeri.

  • Berapa kali dalam setahun LPDP membuka pendaftaran beasiswa?

    LPDP biasanya membuka pendaftaran beasiswa dua kali dalam setahun, yaitu pada periode awal tahun dan pertengahan tahun.

  • Apakah beasiswa LPDP mencakup semua biaya studi di luar negeri?

    Beasiswa LPDP biasanya mencakup biaya studi, biaya hidup, biaya penerbangan, asuransi, dan beberapa tunjangan lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    Bagaimana cara mengetahui jadwal dan persyaratan pendaftaran beasiswa LPDP?

    Kamu dapat mengunjungi situs resmi LPDP secara berkala atau mengikuti akun media sosial mereka untuk mendapatkan informasi terkini mengenai jadwal dan persyaratan pendaftaran.

Lebih baru Lebih lama