Bekerja di Australia? Bisa Pakai Visa apa Aja?

Kuliah di Australia Onshore Offshore - Starship Education
Starship Education

Setiap tahun banyak warga negara Indonesia yang tertarik untuk meniti karir di luar negeri, terutama di Australia. Negara Kanguru ini menawarkan prospek karir yang menarik serta gaji yang menggiurkan. Namun, untuk bisa sukses bekerja di Australia, dibutuhkan pemahaman yang mendalam mengenai berbagai hal, termasuk jenis visa yang tersedia, persyaratan yang harus dipenuhi, hingga budaya kerja yang berlaku di sana.


Australia menyediakan beberapa jenis visa kerja bagi warga negara asing, termasuk Indonesia. Berikut adalah beberapa visa yang dapat menjadi pilihan:


Work and Holiday (subclass 462)

Visa bekerja dan berlibur hanya diperuntukkan untuk orang-orang yang mempunyai pendidikan ketiga (S1) dan berumur 18 sampai 30 tahun, yang ingin berpergian dan bekerja selama 12 bulan di Australia. Visa ini memperbolehkan anda untuk memberikan tambahan untuk biaya liburan anda untuk periode bekerja sementara atau casual. Di Indonesia, anda perlu melampirkan surat dari Direktorat Jenderal Imigrasi untuk bisa mendapatkan visa ini.


Visa Temporary Skill Shortage (Subclass 482)

Visa ini memungkinkan pemberi kerja di Australia untuk mensponsori pekerja asing dengan keterampilan yang diperlukan yang tidak dapat diisi oleh tenaga kerja lokal. Terdapat dua kategori dalam visa ini:

  • Short-Term: Memungkinkan bekerja di Australia selama dua tahun dan dapat diperpanjang satu kali. 
  • Medium-Term: Memungkinkan bekerja di Australia selama empat tahun dan dapat diperpanjang atau bahkan diubah menjadi visa residensi permanen.

Visa Graduate Temporary (Subclass 485)

Visa ini diperuntukkan bagi lulusan perguruan tinggi di Australia yang ingin bekerja di sana untuk sementara waktu setelah menyelesaikan studi mereka. Visa ini terbagi menjadi dua kategori:

  • Graduate Work: Memungkinkan bekerja di Australia selama 18 bulan setelah menyelesaikan program studi terkait. 
  • Post-Study Work: Memungkinkan bekerja di Australia selama dua hingga empat tahun tergantung pada tingkat kualifikasi.

Visa Skilled Regional (Subclass 887)

Visa ini diperuntukkan bagi pekerja asing yang telah bekerja di Australia selama setidaknya dua tahun dan ingin menjadi penduduk tetap di sana.


Visa Business Talent (Subclass 132)

Visa ini diperuntukkan bagi pengusaha atau investor yang ingin memulai atau mengembangkan bisnis mereka di Australia.


Visa Temporary Work for International Relation (Subclass 403)

Visa ini diperuntukkan bagi pekerja asing yang ingin bekerja di Australia sementara waktu dalam konteks hubungan internasional.


Selain memahami jenis-jenis visa kerja, Anda juga perlu mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk bisa bekerja di Australia:

Memiliki Visa dan Menguasai Bahasa Inggris

Visa menjadi salah satu dokumen wajib yang harus dimiliki, sementara kemampuan berbahasa Inggris yang baik juga sangat penting. Tanpa kemampuan ini, proses komunikasi di tempat kerja akan terhambat. Biasanya, tes bahasa Inggris seperti IELTS diperlukan saat mengajukan visa.

Memiliki Sertifikat Keahlian & Mengikuti Pelatihan

Beberapa pekerjaan di Australia mewajibkan memiliki sertifikasi tertentu sebelum dapat bekerja. Pelatihan juga seringkali diperlukan untuk mendapatkan sertifikasi yang diperlukan.

Memiliki Rekening Bank Australia

Memiliki rekening bank di Australia akan memudahkan proses pembayaran gaji, karena hampir semua perusahaan di sana menggunakan sistem transfer untuk pembayaran gaji.

Memiliki Rekening Bank Australia

TFN merupakan nomor pribadi sistem perpajakan di Australia yang diperlukan untuk melakukan pembayaran pajak.

Departemen Imigrasi dan Perlindungan Perbatasan Pemerintah Australia mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris sebagai bagian dari aplikasi visa profesional. Terdapat empat tingkatan persyaratan bahasa Inggris:

  • Advanced English: poin skor 8.0-9.0 atau nilai A plus dalam nilai IELTS. 
  • Upper Intermediate English: nilai minimal 7.0-8.0 dengan kategori B dalam IELTS. 
  • Intermediate English: nilai minimal 6.0 untuk mendaftar di tingkat Sarjana. 
  • Pre Intermediate English: nilai minimal 5.5 untuk visa pelajar dan 4.5 untuk Working Holiday Visa.

Terkadang, perusahaan di Australia juga mempertimbangkan pengalaman kerja saat merekrut karyawan. Oleh karena itu, memiliki pengalaman kerja yang relevan dapat meningkatkan peluang Anda untuk berhasil dalam mendapatkan pekerjaan di sana.


Melalui pemahaman yang mendalam tentang syarat dan prospek karir di Australia, diharapkan Anda dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam mengejar impian karir Anda di negeri Kanguru tersebut. Jangan ragu untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di dunia kerja internasional. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang berencana meniti karir di Australia.

Lebih baru Lebih lama