Kerja di Australia? Jalur Study Aja! Izin Kerja LEBIH LAMA!

Kuliah di Australia Onshore Offshore - Starship Education
Starship Education

Australia telah menjadi destinasi populer bagi para pelajar internasional yang ingin mendapatkan pengalaman belajar dan bekerja yang berkualitas. Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa kuliah sambil bekerja di Australia bisa menjadi pintu gerbang untuk karir yang lebih panjang di negeri kanguru ini. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi bagaimana kuliah sambil bekerja di Australia dapat menjadi sebuah pathway untuk bisa bekerja di sana dengan durasi yang lebih lama dibandingkan dengan visa lainnya seperti visa WHV.


Langkah 1 : Kuliah Sambil bekerja

Jadwal Kuliah yang Dapat Disesuaikan & Kesempatan Bekerja Part Time

Kuliah sambil bekerja di Australia memberikan berbagai keuntungan kepada mahasiswa internasional. Pertama, fleksibilitas waktu menjadi aspek utama yang memungkinkan mahasiswa untuk menyesuaikan jadwal kuliah mereka dengan jadwal kerja part-time. Institusi pendidikan di Australia menawarkan beragam jadwal kuliah yang dapat dipilih, memungkinkan mahasiswa untuk mengejar pendidikan sambil tetap bekerja.

Selain itu, kerja praktis yang diperoleh saat bekerja di samping kuliah membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan kerja yang bernilai, seperti manajemen waktu dan komunikasi, sambil juga membangun jaringan profesional yang kuat. Terakhir, kuliah sambil bekerja juga mengurangi beban keuangan mahasiswa dengan memberikan penghasilan tambahan untuk menutupi biaya hidup, serta membantu mereka mengurangi utang pendidikan yang harus mereka tanggung setelah lulus.

Kuliah sambil bekerja di Australia menawarkan sejumlah keuntungan signifikan, termasuk pengalaman kerja praktis yang memungkinkan mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis mereka dalam lingkungan kerja, menambah nilai pada CV melalui pengalaman kerja internasional yang membedakan dan menarik perhatian calon majikan, serta mengembangkan berbagai keterampilan penting seperti komunikasi, kerja tim, dan antarbudaya. Selain itu, bekerja sambil kuliah juga memberikan pendapatan tambahan untuk menutupi biaya hidup, memperluas jaringan profesional, dan memberikan pengalaman hidup yang berharga dengan tinggal dan bekerja di negara yang berbeda serta mengalami budaya baru.

Kuliah sambil bekerja di Australia memberikan pelajar internasional sejumlah keuntungan finansial yang signifikan, termasuk penghasilan tambahan untuk menutupi biaya hidup yang tinggi di Australia, membantu mengurangi beban keuangan terkait biaya pendidikan, serta memungkinkan mereka untuk membiayai biaya studi seperti uang kuliah dan buku teks. Dengan bekerja paruh waktu, para pelajar dapat mengelola keuangan pribadi mereka dengan lebih efektif, mengurangi ketergantungan pada dukungan finansial dari keluarga di negara asal, dan merencanakan liburan atau perjalanan di sekitar Australia dengan lebih baik. Meskipun penting untuk menjaga keseimbangan antara akademik dan profesional, pengalaman kerja sambil kuliah ini dapat membantu para pelajar mencapai kesuksesan dalam studi mereka sambil memanfaatkan peluang penghasilan yang ditawarkan oleh pasar kerja Australia.


Langkah 2 : Mendapatkan Graduate Visa

Graduate Visa Australia membuka pintu bagi lulusan internasional untuk memulai karir profesional di Australia. Dengan visa ini, mereka dapat tinggal dan bekerja setelah menyelesaikan studi, memperluas pengalaman dan membangun jaringan profesional. Ini memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dalam lingkungan kerja Australia yang dinamis, meningkatkan peluang karir baik di dalam negeri maupun internasional. Sebagai langkah awal yang vital, Graduate Visa Australia tidak hanya tentang berkarir di Australia tetapi juga membangun fondasi penting dalam perjalanan karir global para lulusan internasional.


Graduate Visa Australia adalah jenis visa yang diberikan kepada lulusan internasional dari lembaga pendidikan tinggi di Australia untuk tinggal dan bekerja di Australia setelah menyelesaikan program studi mereka. Visa ini memungkinkan lulusan untuk tinggal di Australia selama dua hingga empat tahun tergantung pada tingkat kualifikasi yang mereka peroleh. Selama masa visa, pemegang visa dapat bekerja penuh waktu di berbagai bidang profesi yang sesuai dengan kualifikasi mereka, serta memiliki kebebasan untuk bepergian di dalam dan keluar negara tersebut. Graduate Visa Australia memberikan kesempatan bagi lulusan untuk memperluas pengalaman profesional mereka, mengembangkan jaringan kontak, dan mempersiapkan diri untuk karir jangka panjang di Australia atau di tempat lain di seluruh dunia.

  • Harus berusia di bawah 50 tahun; 
  • Harus memiliki visa yang memenuhi syarat, dalam hal ini adalah visa pelajar; 
  • Harus memiliki kualifikasi terkini dalam kursus yang terdaftar di CRICOS; 
  • Harus memenuhi persyaratan studi 2 tahun; 
  • Harus memenuhi persyaratan keterampilan bahasa Inggris;
  • Jika perlu, Anda harus memberikan penilaian keterampilan dari otoritas penilaian.

Anda dapat memasukan pasangan dan anak Anda pada aplikasi pendaftaran visa ini. Sebagian besar, waktu pengerjaan aplikasi ini adalah 7 sampai 14 bulan. Biaya aplikasi visa adalah $1,895 AUD untuk pemohon utama, $950 AUD untuk pemohon yang berusia di atas 18 tahun, dan $475 AUD untuk pemohon yang berusia di bawah 18 tahun.

Graduate Visa memiliki nama resmi Temporary Graduate visa Subclass 485 dan terbagi akan 4 jalur migrasi:

  • Post-Study Work stream : untuk siswa internasional yang telah menyelesaikan minimal gelar sarjana.  
  • Second Post-Study Work stream: untuk mereka yang sebelumnya sempat menjadi seorang pemegang visa 485 dan kini melanjutkan pendidikan setara S2/S3 dari institusi yang terletak dibeberapa daerah yang telah ditentukan pemerintah Australia. 
  • Graduate Work stream : diperuntukkan bagi siswa internasional yang telah menyelesaikan setidaknya gelar diploma dengan persyaratan keterampilan dan kualifikasi khusus. 

Langkah 3 : Mengajukan Visa Permanent Residency

Graduate Visa 485 merupakan salah satu jalur yang dapat mengantarkan anda mendapatkan permanent residency Australia dimana anda akan mendapatkan tambahan poin yang bisa digunakan untuk mengajukan permohonan visa kerja permanen seperti visa kerja 489, visa kerja 190 dan visa kerja 189.

Melalui Graduate Visa 485 jugalah anda bisa memenuhi persyaratan bekerja 3 tahun untuk mengajukan permohonan visa kerja bersponsor seperti visa kerja 189 dan visa kerja RSMS 187.

Untuk mengajukan Permanent Residency (PR) di Australia setelah memegang visa lulusan (graduate visa), biasanya diperlukan pemenuhan beberapa persyaratan umum dan kriteria spesifik yang dikeluarkan oleh Departemen Imigrasi Australia. Ini adalah beberapa persyaratan umum yang biasanya diperlukan:

  • Waktu Tinggal di Australia: Anda harus telah tinggal di Australia selama periode yang ditentukan oleh visa Anda. Untuk visa lulusan, biasanya ini adalah periode dua tahun. 
  • Keahlian Bahasa Inggris: Anda mungkin perlu membuktikan kemampuan berbahasa Inggris yang memadai melalui tes bahasa Inggris seperti IELTS, TOEFL, atau tes bahasa Inggris lainnya. 
  • Pekerjaan dan Pengalaman Kerja: Beberapa jenis visa PR memerlukan pengalaman kerja yang relevan atau penawaran pekerjaan dari pemberi kerja di Australia. 
  • Kelayakan dan Poin: Sistem poin digunakan untuk menilai kelayakan Anda untuk PR. Ini mencakup faktor seperti usia, pendidikan, pengalaman kerja, dan lain-lain. Anda perlu mencapai jumlah poin tertentu untuk memenuhi syarat. 
  • Kesehatan dan Karakter:Anda harus lulus pemeriksaan kesehatan dan karakter yang diperlukan. 
  • Hubungan Keluarga: Jika Anda memiliki pasangan atau anak-anak, Anda mungkin perlu memperhatikan faktor-faktor ini dalam aplikasi Anda. 
  • Syarat Khusus Visa: Selain persyaratan umum, ada persyaratan khusus untuk masing-masing jenis visa PR. Ini dapat berupa persyaratan pendidikan tambahan, sertifikasi profesional, atau persyaratan lainnya yang berkaitan dengan bidang spesifik atau kebijakan imigrasi tertentu.

Umur
  • Umur 18–24 tahun = 25 poin 
  • Umur 25–32 tahun = 30 poin 
  • Umur 33–39 tahun = 25 poin 
  • Umur 40–44 tahun = 15 poin 
Bahasa Inggris
  • IELTS skor 6 = 0 poin 
  • IELTS skor 7 = 10 poin 
  • IELTS skor 8 = 20 poin 
Pengalaman kerja di luar Australia
  • < 3 tahun = 0 poin 
  • 3 >5 tahun = 5 poin 
  • 5>8 tahun = 10 poin 
  • Lebih dari 8 tahun = 15 poin 
Pengalaman kerja di Australia
  • < 1 tahun = 0 poin 
  • 1 > 3 tahun = 5 poin 
  • 3 > 5 tahun = 10 poin 
  • 5 > 8 tahun = 15 poin 
  • Lebih dari 8 tahun = 20 poin 

Pendidikan di luar Australia
  • Gelar Doktor = 20 poin 
  • Gelar S1 dan S2 = 15 poin 
  • Gelar Diploma = 10 poin 
  1. Punya gelar dari Australia = 5 poin 
  2. Sekolah di regional = 5 poin 
  3. Punya pasangan (suami atau istri) dengan nilai IELTS 6 = 5 poin

Lebih baru Lebih lama